Senin, 11 Agustus 2014

Persaudaraan (Ukhuwah)

a. Definisi
Kata ukhuwah menurut bahasa berasal dari “akhun” artinya berserikat atau persaudaraan. Jika kata ini dirangkai dengan Islamiyyah maka pengertian ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan  yang  bersifat  Islami  atau  yang  diajarkan  oleh  Islam.

b. Bentuk-Bentuk  Ukhuwah 
Ada 4 macam ukhuwah yang dijelaskan  dalam  kitab  suci  Al- Qur’an, yaitu:
1.        Ukhuwwah  Ubudiyyah  adalah  persaudaraan  karena  sesama  makhluk  yang  tunduk  kepada  Allah  SWT.
2.        Ukhuwah  Insaniyyah  ( basyariyyah ) dalam  arti  seluruh  umat  manusia  adalah  bersaudara, karena  mereka semua  berasal  dari  seorang  ayah  dan  ibu.
3.        Ukhuwwah  Wathaniyyah  wa an- nasab, yaitu  persaudaraan  dalam  keturunan  dan  kebangsaan.
4.        Ukhuwwah  fi din Al- Islam, Persaudaraan  antarsesama  muslim.

c. Hikmah Ukhuwah
Ada beberapa hikmah ukhuwah diantaranya:
1.    Ukhuwah menciptakan wihdah (persatuan)
       Sebagai contoh dapat kita lihat dalam kisah heroik perjuangan para pahlawan bangsa negeri yang bisa dijadikan landasan betapa ukhuwah benar-benar mampu mempersatukan para pejuang pada waktu itu. Tidak ada rasa sungkan untuk berjuang bersama, tidak terlihat lagi perbedaan suku, ras dan golongan, yang ada hanyalah keinginan bersama untuk merdeka dan kemerdekaan hanya bisa dicapai dengan persatuan.
2.    Ukhuwah menciptakan quwwah (kekuatan)
       Adanya perasaan ukhuwah dapat menciptakan kekuatan (quwwah) karena rasa persaudaraan atau ikatan keimanan yang sudah ditanamkan dapat menentramkan dan menenangkan hati yang awalnya gentar menjadi tegar sehingga ukhuwah yang telah terjalin dapat menimbulkan kekuatan yang maha dahsyat.
3.    Ukhuwah menciptakan mahabbah (cinta dan kasih sayang)
       Sebuah kerelaan yang lahir dari rasa ukhuwah yang telah terpatri dengan baik pada akhirnya memunculkan rasa kasih sayang antar sesama saudara se-iman. Yang dulunya belum kenal sama sekali namun setelah dipersaudarakan semuanya dirasakan bersama. Inilah puncak tertinggi dari ukhuwah yang terjalin antar sesama umat islam.

d. Cara menciptakan ukhuwah
Berdasarkan QS Al-Hujurat (49): 11-12, dijelaskan bahwa ada enam hal yang harus kita hindari agar ukhuwah tercipta, yaitu:
1.        memperolok-olokan, baik antar individu maupun antar kelompok, baik dengan kata-kata maupun dengan bahasa isyarat karena hal ini dapat menimbulkan rasa sakit hati, kemarahan dan permusuhan. kita.
2.        mencaci atau menghina orang lain dengan kata-kata yang menyakitkan, apalagi bila kalimat penghinaan itu bukan sesuatu yang benar.
3.        memanggil orang lain dengan panggilan gelar-gelar yang tidak disukai.
4.        berburuk sangka, ini merupakan sikap yang bermula dari iri hati (hasad).
5.        mencari-cari kesalahan orang lain,
6.        bergunjing dengan membicarakan keadaan orang lain yang bila ia ketahui tentu tidak menyukainya, apalagi bila hal itu menyangkut rahasia pribadi seseorang.
Khusus dalam menciptakan ukhuwah islamiyyah (persaudaraan antar sesama muslim) dapat dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut:
1.          Menegakkan shalat berjamaah di masjid.
2.        Menebarkan salam dan tidak saling acuh
3.        Membantu meringankan beban yang sedang menghimpit saudaranya.
4.        Saling memaafkan.
5.        Menjauhi perbuatan maksiat, seperti minum khamr dan judi.
6.        Saling mendo’akan dengan kebaikan.

Tidak ada komentar: